Feeds:
Pos
Komentar

Archive for the ‘Tips&Trik’ Category

Alhamdulillah, Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Lama sekali saya tidak meng-update blog saya ini. Pengunjungnya sih lumayan, paling tidak 100 orang perhari, tapi kebanyakan cuma download murottalnya Thoha Al-Junayd –waffaquhullah-. Padahal, yang saya inginkan dengan blog ini adalah agar tulisan saya dibaca (memangnya ada tulisan kamu? Kan mayoritasnya hasil CP). Setidaknya yang tulisan saya dibaca, begitu. Tapi, dasar saya yang malas menulis sendiri dan juga update blog, al-jazaa’ min jinsil ‘amal, balasan itu sesuai amal seseorang.

Setelah saya merenungi diri saya yang demikian ini, yang tak seaktif dulu (untuk urusan ngeblog), jarang menelurkan tulisan pribadi, dan segudang prestasi buruk yang selama ini saya sandang, ternyata ketemu masalahnya, malas untuk aktif alias pasif.

Malas, penyakit kronis yang memang saya rasakan belakangan ini. Tapi, ketika saya membaca tulisan beberapa kawan di blog mereka, kok mereka bisa begitu enteng dan ringan menulis. Parahnya, tulisan mereka itu bagus dan inspiratif. Lha, saya? Duh, jauh dari kesan seorang penulis (memang bukan penulis, kok! Blogger, tepatnya). (lebih…)

Iklan

Read Full Post »

Bismillah…
Anda, saya, dan sebagian besar kita pasti pernah atau bahkan sering
menggunakan program text editor dari Windows, yatu NotePad. Tapi, pada saat kita mengetik atau bahkan membuka file dengan NotePad tersebut, sering kita jumpai teks yang kita tuliskan atau ada pada notepad tersebut memanjang ke samping. Masih mending kalo cuma beberapa kata saja. Nah, kalau itu satu paragaraf, atau bahkan suatu artikel? Betapa panjangnya!!!!
notepad-g-rapi
(lebih…)

Read Full Post »

Fatwa Alim Besar Kota Madinah,

Syaikh `Ubaid bin Abdillah AI-Jabiry

-semoga Allah menjaga beliau­

Soal:

Syaikh yang mulia, beberapa hari yang lalu telah dijalankan hukuman eksekusi terhadap orang-orang yang melakukan peledakan di kota Bali, Indonesia, enam tahun silam. Telah terjadi fitnah setelahnya terhadap banyak manusia, dimana penguburan jenazah mereka dihadiri oleh sejumlah manusia yang sangat banyak. Mereka juga memastikan pelbagai kabar gembira tentang jenazah yang telah dieksekusi tersebut berupa senyuman di wajah mereka setelah eksekusi, wewangian harum yang tercium dari jenazah mereka, dan selainnya. Mereka mengatakan pula bahwa itu adalah tanda mati syahid, dan perbedaan antara hak dan batil pada hari penguburan jenazah. Apakah ada nasihat bagi kaum muslimin secara umum di negeri kami? wa Jazakumulahu Khairan.

(lebih…)

Read Full Post »

Bismillah…
Aku ingin beragi pengalaman yang aku ketahui sedikit tentang Registry Windows. Aku bilang sedikit karena aku baru tahu secuil saja dari Registry Windows, mungkin baru 1%-nya atau kurang.

Aku ingin sharing ilmu tentang cara menyembunyikan sebuah drive atau lebih pada Windows, meskipun aku akui sudah banyak sekali orang yang telah membeberkan hal ini di berbagai situs di internet. Tapi, bukankah ilmu itu akan lebih kuat terpatri dalam ingatan kita jika kita tuliskan?
Oh iya, menyembunyikan sebuah drive atau lebih ini lebih berfungsi sebagai langkah antisipasi / keamanan bagi data yang ada di drive tersebut, jika kita menghendaki agar orang lain tidak bisa ‘macam-macam’ dengan drive tersebut. Dan ada baiknya jika pada komputer kita tersedia setidaknya dua account; user biasa dan administrator agar kita bisa membagi kekuasaan secara lebih baik, sehingga user tidak bisa berbuat sembarangan terhadap komputer kita, apalagi komputer yang ekstra penting, wallahu a’lam.
Baiklah, kita masuk pada inti tulisan. Selamat mengikuti.

(lebih…)

Read Full Post »

Bismillah…

Saya sedang ingin berbagi tentang ilmu yang saya pelajari tentang LAN, khususnya tenatng membuat LAN sederhana antara dua komputer, yang dikenal dengan istilah koneksi peer to peer (P2P). Di lain sisi, ini juga merupakan tugas dari tutor saya saat memberikan ujian. Yach, latihan nulis apa yang sudah dipelajari dan dipraktekkan.

Baik, kita mulai.

Sebuah jaringan mungkin akan Anda butuhkan jika Anda memiliki lebih dari
satu komputer. Pekerjaan seperti bertukar data, berbagi (sharing) internet, printer dan masih banyak hal lagi yang bisa Anda lakukan dengan jaringan komputer.
Dalam tulisan singkat ini, saya hanya membahas hal-hal teknis yang dapat
langsung dipraktekkan.

(lebih…)

Read Full Post »

Bismillah…

Kira-kira hari Selasa kemaren, ana mulai merasakan betapa tidak efisiennya menggunakan Yahoo! Mesengger sebagai media chating, setidaknya menurut ana. Waktu itu ana sedang online pakai Y!M versi 8. Qadarullah banyak yang ngajak ngobrol, mungkin ada tuh 7 orang. Nah, susahnya pakai Y!M adalah setiap satu account orang pasti buka 1 jendela chat. Kalo ada 7 orang yang ngobrol, berarti ya ada 7 jendela chating yang terbuka. Wah, repot, berat!

Ana kenal gaim, yang sekarang sudah ganti nama menjadi PIDGIN, sejak 2 tahun silam dan ana merasakan cukup bagus menggunakannya, simple dan efisien, menurut ana. Alasannya:

(lebih…)

Read Full Post »

Bismillah…

Sudah lama aku nggak nulis di papan tulis virtual milikku ini. Entah karena kesibukan kerjaku di Gema Ilmu atau karena memang aku yang lagi lesu dan lagi nggak punya semangat buat nulis. Padahal, dulu ketika masih SMP, aku hobi banget nulis; cerpen, puisi, maupun artikel walaupun itu hanya untuk aku koleksi sendiri (yang kini aku nggak tahu di mana hasil karyaku itu).
(lebih…)

Read Full Post »

Older Posts »