Feeds:
Pos
Komentar

Archive for the ‘artikel ramadhan’ Category

Baju baru, Alhamdulillah
Mau ane pakai di hari raya
Nggak dikasih juga nggak apa-apa
Yang penting itu tetap ngucap Alhamdulillah

(lebih…)

Read Full Post »

Bismillah…
Insya Allah dalam waktu dekat ini blog Abu Hanif Al-Jawi akan menyajikan layanan download gratis Murottal Anak yang dipandu oleh Syaikh Muhammad Shiddiq Al-Minsyawi. Pembaca dapat mulai mendownloadnya pada menu “Download MP3 Kajian & Murottal” pada blog ini, mulai dari surat yang paling bawah (surat An-Naas).

Sebagai catatan

(lebih…)

Read Full Post »

Bismillah…
Sudah sepantasnyalah bagi seorang muslim untuk bersemangat dalam ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wata’ala dan merasa selalu diawasi-Nya serta tidak bermaksiat kepada-Nya. Sehingga, apabila seseorang itu melakukan suatu perbuatan dosa, hendaklah dia segera bertaubat dan kembali kepada Allah Subhanahu Wata’ala.

Taubat itu tidaklah sekedar diucapkan secara lisan saja tanpa disertai hati yang tulus penu penyesalan dan tanpa upaya untuk beri’tikad baik. Karena taubat itu akan diterima oleh Allah bila telah memenuhi syarat-syaratnya.

Hal ini sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Al Imam An Nawawi rahimahumullah dalam kitabnya Riyadhush Shalihin: “Para ulama mengatakan: Bertaubat dari setiap dosa hukumnya wajib, jika maksiat (dosa) itu antara hamba dengan Allah, yang tidak ada sangkut pautnya dengan hak manusia, maka syaratnya ada tiga:

(lebih…)

Read Full Post »

بسم الله الرحمن الرحيم

Klik gambar untuk memperbesar…

Ramadhan, sudah hari ke-17. tak terasa, tinggal 13-an hari lagi Ramadhan kan berakhir. Sedih, ya tentu saja kita rasakan, tapi untuk larut di dalam kesedihan bukanlah sifat seorang muslim. Karena waktunya semakin sedikit, seharusnya kita lebih giat lagi dalam beramal dan beribadah. Bai yang bisa i’tikaf full time, silakan. itu yang afdhal dan besar pahalanya. Dan jika tidak bisa full time 10 hari akhir, maka seungguhnya Allah tiada membebani seseorang kecuali dengan apa yang orang itu mampui.

(lebih…)

Read Full Post »

Bismillah…

Hari Senin malam, pas ana lagi OL via Y!m, bang Urwah ngajak biacara ana. Dan di sela-sela pembicaraan itu, beliau bilang ke ana (kurang lebih), “Nif, ada faedah dari fatwa ulama nih.”

“Apaan tuh, mas?” tanyaku. Beliau menjawab, “Tentang seorang ikhwan yang pingin nikah sama akhwat bukan salafiyah.” Lantas beliau mengirimkan fatwa tersebut per paragraf ke layar Y!M ana. Setelah mbaca, ana bilang ke bang Urwah, “Mas, mbok diposting aja ke blog antum, nanti ana copy.” Lha, beliau menimpali, “Iya, Insya Allah…”

lha, ana nggak tahu kalo ternyata, tanggal 15 September 08 alias hari di mana ana bercakap2 dengan bang Urwah, fatwa tersebut telah diposting. Mungkin beberapa saat setelah percakapan itu selesai.

Dan berikut ini adalah fatwa tersebut:

(lebih…)

Read Full Post »

Bismillah…

Kurang lebih lima tahun lalu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa ‘makruh’ bagi rokok. Jadi, bukan hal yang asing jika banyak kaum muslimin yang menganggap enteng merokok, dan ketika ditegur tentang keharamannya menurut dalil-dalil di mata ulama ahlus sunnah, mereka menjadikan fatwa MUI tersebut sebagai alasan, “Lho, MUI aja ngatakan makruh, kok!”

Nah, akhir-akhir ini (bulan agustus 2008 sih) banyak beredar berita tentang rencana MUI untuk mengeluarkan fatwa ‘haram’ bagi rokok yang masih terus dikaji (kan udah jelas tuh). Baik berita di TV, radio, internet, koran, dan lain sebagainya. Hal ini menunjukkan semakin ‘cerdasnya’ bapak-bapak kita di MI dalam melihat sebuah masalah. Alhamdulillah. Dan niat baik mereka ini semoga diberi balasan kebaikan oleh Allah ta’ala.

Berikut ini adalah sebagian berita yang ana dapat:

JAKARTA, SELASA — Jika Anda memiliki kebiasaan merokok, ada baiknya Anda mulai mengurangi dan perlahan-lahan meninggalkan kebiasaan buruk tersebut. Selain dipastikan mengganggu kesehatan, saat ini Majelis Ulama Indonesia (MUI) tengah membahas kemungkinan dikeluarkannya fatwa haram atas lintingan tembakau tersebut.

“Akhir tahun ini kita akan membahas dengan sejumlah ulama, dan fatwa akan diberlakukan secara nasional jika dalam rapat tersebut menyetujui fatwa haram,” kata Ketua Umum MUI Amidhan di kantor MUI, Jakarta, Selasa (12/8) siang.

Amidhan menjelaskan, fatwa haram ini sesungguhnya bukan lagi hal baru di MUI. Pada bulan Juli lalu, ada rapat koordinasi daerah wilayah Sumatera yang telah menetapkan fatwa haram bagi rokok. Namun, menurutnya, ketetapan itu masih akan dibicarakan dengan sejumlah ulama dalam rapat ijtima. Sebelum ini, lanjut Amidhan, MUI Pusat telah menentukan fatwa makruh pada rokok, lima tahun yang lalu.

Sementara itu, Komisi Nasional Perlindungan Anak dan Ikatan Ahli Kesehatan pun mendesak MUI agar segera menetapkan fatwa haram bagi rokok. Untuk itu, hari ini Komnas Perlindungan Anak dan ikatan ahli kesehatan mendatangi kantor MUI untuk membicarakan hal tersebut.

Ketua Komnas Perlindungan Anak Seto Mulyadi berharap, dengan ditetapkannya fatwa haram bagi rokok akan menekan angka perokok di kalangan anak. “Ini akan membentuk paradigma baru tentang bahaya merokok. Yang penting, pemerintah juga harus ikut tanggap dalam upaya ini,” kata Seto.

Sumber : http://www.kompas.com/read/xml/2008/08/12/13085542/mui.siapkan.fatwa.haram.untuk.rokok

JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) hingga saat ini masih mengkaji wacana fatwa haram merokok. Dalam pengkajian ini, MUI akan melibatkan banyak pihak.

“Hingga saat ini fatwa tersebut belum kami resmikan karena sedang kami kaji manfaat dan mudharatnya,” ujar Ketua Fatwa MUI, KH Ma’ruf Amin, saat dikonfirmasi okezone Selasa (19/8/2008).

Dia mengakui, dalam upaya mengeluarkan fatwa tersebut telah terjadi kontroversi di kalangan masyarakat. Oleh karenanya, kata Ma’ruf, MUI tidak ingin gegabah dan terburu-buru.

“Wacana fatwa ini karena adanya desakan dari berbagai kalangan masyarakat. Namun, kita juga harus sadar kalau di Indonesia banyak orang yang hidupnya tergantung rokok seperti petani tembakau atau pedagang asong. Makanya kami tidak ingin gegabah,” pungkasnya. (teb)

Sumber : http://news.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/08/19/1/137882/mui-masih-kaji-fatwa-haram-rokok

Nah, semoga i’tikad baik MUI ini benar2 terlaksana, karena Insya Allah manfaat dari fatwa ini akan dirasakan oleh berbagai pihak. Dan kita berharap semoga bapak-bapak MUI diberi taufiq oleh Allah untuk memudahkan dalam hal ini dan jeli dalam mengeluarkan fatwa. Jadi, mari kita DUKUNG MUI UNTUK MENETAPKAN FATWA HARAM BAGI ROKOK DEMI KEBANGKITAN NEGERI PERTIWI INI!!!

================================================================

Berikut ini adalah artikel tentang haramnya rokok menurut pandangan ULAMA AHLUS SUNNAH WAL JAMA’AH :
(lebih…)

Read Full Post »

Bismillah…

Sahabatku semua, ikhwan dan akhwat yang semoga DIBENCI syetan, tapi DISAYANG Allah. Pembaca blog ini, rata-rata udah pada gedhe, baligh, dan sudah mukallaf, Insya Allah. Dan salah satu tanda dari sekian tanda sesorang dikatakan baligh adalah terjadinya suatu peristiwa biologis yang disebut mimpi basah/wet dream/ihtilam.

Nah, karena saat ini kita lagi menjalani bulan puasa, yang mana kita butuh banget sama ilmu, ada satu kasus-yang saya juga mengalaminya-tentag ihtilam/MB di siang hari Ramadhan saat kita berpuasa. Batal nggak sih puasa kita?

(lebih…)

Read Full Post »

Older Posts »

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.